TATACARA MEMBUAT JURNAL


Lingkup Jurnal. Tulisan yang dapat dimuat adalah yang mengkaji masalah yang berhubungan dengan bidang ilmu komputer dan teknologi informasi, baik ilmu dasar maupun aplikasinya.

Jenis Tulisan.  Tulisan dapat berupa laporan/hasil penelitian atau makalah ilmiah bukan penelitian seperti laporan studi kasus atau kajian pustaka konperhensif. tulisan ilmiah/penelitian dapat merupakan hasil a) Pengembangan, b) Penemuan, dan c) Pembuktian.


  1. Laporan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan (latar belakang, tujuan, hipotesis, konsep-konsep utama), metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan pustaka
  2. Makalah ilmiah bukan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan pustaka
Nama Penulis. ditulis tanpa gelar dan jabatan, disebutkan nama Lembaga dan alamatnya serta alamat e-mail.
Bahasa. ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah-kaidah bahasa ragam ilmiah. khusus bagi yang menggunakan kaidah bahasa Indonesia, hindari penggunaan kata ganti orang.

Panjang Tulisan. Panjang tulisan 10-15 halaman A4 spasi single termasuk tabel dan gambar serta lampiran, dengan jenis huruf Times New Roman, font 10pt.

Abstrak. Panjang abstrak maksimum 250 kata, dalam satu paragraf, dilengkapi dengan kata-kata kunci pada bagian akhir abstrak. Abstrak memuat latarbelakang, metodologi, hasil dan  kesimpulan. abstrak tidak bersifat matematis, tidak berisi saran dan harapan, tidak ada kutipan. kata kunci (keywords) adalah kata-kata penting yang digunakan untuk mengidentifikasikan isi dokumen, dapat berupa metode/alat yang dipakai, variabel yang diteliti atau substansi penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Tabel dan Gambar.  Tabel dan gambar harus diberi nomor dan judul lengkap serta harus diacu dalam tulusan. Gambar dan tabel dalam format hitam putih.

Persamaan.Persamaan matematik harus diberi nomor urut dalam kurung biasa, (X), dengan penulisan rata kanan.

setiap makalah diwajibkan untuk mengutip sumber pustaka yang berasal dari jumlah ilmiah nasional maupun internasional.

Kutipan (sitiran) didalam Bab, ditulis menggunakan tanda kurung siku berupa urutan nomor [1]. Kalimat baca mengikuti tanda kurung [1]. hanya merujuk ke nomor kutipan seperti di [1]. Tidak menggunakan "kutipan [1]" kecuali diawal kalimat: Kutipan [1]. adalah....

Daftar Pustaka disusun merujuk pada standar Penulisan IEEE References.

Penulisan daftar pustaka secara umum, terdiri dari 7 (tujuh) bagian :

Nomor urut kutipan, nama penulis, judul tulisan, nama jurnal dan kota, volume, halaman, bulan dan tahun.
Nama penulis dimulai dengan nama keluarga disingkat dengan menggunakan inisial huruf depannya dan diberi tanda titik kemudian diikuti dengan nama pertama.
Bila nama penulis lebih dari satu orang, maka penulis kedua dan seterusnya mengikuti aturan diatas.

Example :

[1] G. Eason, B. Noble, and I. N. Sneddon,"On Certain integral of Lipschitz-Hankel type involving    products of Bessel functions" Phill. Trans. Roy. Socd.London, Vol.A247, pp.529-551, April 1955.
0 Komentar untuk "TATACARA MEMBUAT JURNAL"

 
Copyright © 2014 Zone-Science - All Rights Reserved
Template By Deni Widodo